prasojo gak pake "d"

Just another WordPress.com weblog

Letak duduk di kelas vs Prestasi belajar

Inget gak seh kalian sewaktu masa sekolah dulu, duduk dimana? di depan, di belakang, di tengah, ato bahkan sampe di depan meja guru? hehehe

Biasanya sewaktu awal hari pertama masuk sekolah, khususnya waktu TK-SD kita dianter ma ibu/ayah/supir/pembantu/tetangga kita. Lalu ditemenin dan ikut milihin letak duduk kita di kelas. Pagi2 bgt udah dibangunin, supaya bisa smp sekolah paling awal dan bisa leluasa milih letak duduk di kelas. Biasanya seh posisi duduk yang favorit dan disaranin ma ortu kita tuh di depan atao ga jauh2 dr depan. Klasik seh kliatanya, tapi menurut versi ortu kita, klo duduk di depan tuh bisa enak ngeliat pandangan ke depan ke guru dan papan tulis, bisa diliat ma guru, ga keganggu pandangan karna kehalang kepala orang di depan kita…

Pada waktu KKN dulu, menurut cerita kepala sekolah di salah satu SD di Serang Banten, murid2nya itu sewaktu awal ajaran baru/hari pertama masuk sekolah dateng mulai dari waktu subuh. Busyet…pagi banget!! Yang pegang kunci sekolah aja smp mesti dibangunin dulu. Tradisi ini bisa terjadi karna mengingat ketidaksesuaian antara jumlah murid dengan jumlah bangku. Untuk kelas 1 saja, bahkan 1 meja sampai ditempati 3-4 murid. (Gimana klo mw nulis ya..?, gantian kali ya..?). Tapi kata kepala sekolahnya seh, tar juga selepas kelas 1 jumlah muridnya berangsur2 berkurang, mungkin jg dikarenakan kurang ada biaya untuk melanjutkan.

Terlepas dari itu, pengaturan posisi tempat duduk biasanya diatur menurut tinggi badan siswa, kepandaian siswa, dan jarak pandang siswa.

Berdasarkan pengalaman dulu juga, selalu aja disuruh duduk di depan, soalnya dulu ku kecil seh, tp untung skrg gak, hehehe. Jadi beruntunglah klo tinggi badanya yg kurang, jd bs duduk di depan.

Selain itu biasanya murid2 yg memiliki kurang prestasi di kelas, oleh gurunya akan ditempatkan di depan, biar gampang memantaunya mungkin.

Lalu ada juga siswa yang meminta untuk duduk di depan dikarenakan penglihatanya yang agak bermasalah,

Baru2 ini ketika banyak media massa gencar memberitakan presiden Amerika (Obama) yg akan dtng ke Indonesia, ada salah satu tayangan di televisi yg mengulas sekelumit masa2 ketika Obama bersekolah di Jakarta. Ternyata Obama ketika SD duduk di bangku paling belakang. Wah, dalam hati ku jg berpikir berarti posisi duduk jg kurang berpengaruh terhadap prestasi belajar di sekolah. buktinya Obama saja duduk di blkng bs jd presiden, hehehe

Tp ini bkn mw nganjurin utk semua murid agar duduk di belakang lho, hehehe

Salam super prasojo

About these ads

1 Komentar»

  arieprasojo wrote @

Bangun…Bangun…
Belanda sudah semakin dekat
We are under attack


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: